Pro Ecclesia Et Patria

Bila hatimu terasa berat hadapilah dengan senyum. Bila bebanmu terasa berat hadapilah dengan senyum. Bila imanmu terasa goyah hadapilah dengan doa. Bila terangmu terasa redup panggilah nama Kristus.

Senin, 05 November 2012

Alasan Sulit Memaafkan


“Apalah arti sebuah maaf”, jika hanya diucapkan dibibir saja namun tidaklah tulus dari hati yang terdalam. Banyak orang mungkin mudah sekali mengatakan sebuah kata maaf padahal realisasinya kita harus mengerti apa kata maaf yang terkandung di dalam hati.
Memberi maaf kepada seseorang yang membuat kita kesal bahkan melukai hati kita mungkin memang sulit. Sulit juga bukan berarti tidak bisa hanya saja sedikit yang bisa kita beri meskipun dari dalam hati yang paling dalam masih ada luka maupun kesalahan orang lain yang sulit kita hapus. Kata maaf sendiri bukanlah bentuk perdamaian yang hakiki bila tidak dari hati, apa bedanya dengan musuh dalam selimut. Seseorang yang dipaksa berkata “A” padahal yang ingin dia katakan “B”. Sulit sekali rasanya namun kita harus memiliki sikap “Tulus” hanya kata itu yang harusnya kita pelajari dan kita pahami dari makana kata tulus sehingga kita bisa memaafkan setiap pribadi yang memiliki kesalahan. 1001 alasan di dalam pikiran manusia untuk tidak memaafkan kesalahan orang lain. berikut ini beberapa  alasan yang menyebabkan aku sulit memaafkan:
1.Harga Diri
2. Perkataan tll menyakitkan
3. butuh waktu
4.butuh kebaikan orang lain
5.kebaikan bersama
6. suka mengulanginya


itu ceritaku, apa ceritamu?
#Seturan, 15 Oktober 2012
11.00 AM

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Memaafkan adalah kata yg mudah diucapkan, namun tdk mudah dilakukan. Bisa jadi orang yg kita maafkan melakukan kesalahan lagi shg membuat kita marah dan tdk mampu memaafkannya. Namun...aku pernah berpikir,"Apakah benar dia yang salah atau aku yg terlalu sensitif? Apakah benar yg dia lakukan semata-mata untuk kepentingannya atau justru itu sesungguhnya dia lakukan untuk kebaikanku tapi aku menangkapnya salah shg aku menganggapnya keliru krn tdk mengerti maksud baiknya?"

Kalau kita tdk bisa memaafkan orang yg sebenarnya baik dan peduli pada kita lalu orang itu meninggalkan kita...yakinlah...kita akan menyesal karenanya. Maka dari itu, mari kita buka pintu hati kita untuk mudah memaafkan orang yg peduli kita, terlebih bahwa dia orang yg mencintai kita dan lebih2 dia adalah orang yg paling kita cintai.

Unknown mengatakan...

Maafkanlah orang yg kita cintai sebelum dia meninggalkan kita. Jika orang yg kita cinta pergi krn tak adanya maaf dari kita, kita akan menyesalinya krn kita tdk berani memaafkannya agar dia tetap dalam pelukan kita.

Unknown mengatakan...

maafkanlah orang yg kaucintai sebelum kau menyesal karena dia meninggalkanmu sebab tiada maafmu bagi dia.